Selasa, 22 November 2016

Sejarah Permainan Bola Basket


Hasil gambar untuk basket NBA

SEJARAH PERMAINAN BOLA BASKET
Sejarah Permainan Bola BasketPermainan bola basket mungkin merupakan olahraga yang unik. Penciptanya, seorang guru olahraga bernama James Naismith, menciptakan permainan tersebut secara tidak sengaja pada tahun 1891. Guru olahraga asal Kanda tersebut dituntut untuk dapat mencipatakan sebuah permainan di ruang tertutup, agar para siswa dapat mengisi waktunya saat liburan musim dingin. Pada 15 Desember 1891, Naismith akhirnya menciptakan sebuah permainan yang dahulu gemar ia mainkan ketika kecil. Permainan itulah yang kini dikenal sebagai basketball atau bola basket.

Pada awal perkembangannya, banyak kalangan yang menentang permainan bola basket karena dianggap terlalu keras dan tidak cocok untuk dimainkan di ruangan tertutup. Menanggapi penolakan tersebut, Naismith memutuskan untuk menyusun beberapa peraturan dasar yang salah satunya adalah menempatkan keranjang di dinding ruang olahraga. Peraturan awal permainan bola basket juga menyatakan bahwa setiap tim yang bermain terdiri dari sembilan anggota, dan tidak menggunakan teknik dribble untuk mengumpan bola. Teknik permainan yang berlaku pada saat itu hanya memindahkan bola dengan lemparan. Setelah ditetapkan beberapa peraturan dasar, para siswa pun diminta untuk memainkan permainan tersebut.

Pertandingan bola basket pertama diselenggarakan pada 20 Januari 1892. Salah seorang murid Naismith menyebut permainan tersebut dengan nama basketball, hingga akhirnya semua orang pada waktu itu pun mulai mengenal permainan tersebut dengan nama basketball. Dalam waktu singkat, olahraga ini pun mulai menyebar ke seantero Amerika Serikat. Orang-orang di berbagai pelosok negeri mulai memainkan bola basket dan menggelar kompetisinya. Berbagai pertandingan bola basket pun lambat laun dapat ditemui dengan mudah di seluruh kota di negara bagian Amerika Serikat.

Baca Juga :

1.Artikel Tentang Bola Basket

2.Kumpulan Artikel Tentang Bola Basket

3.Peraturan Permainan Bola Basket

4.Pengertian Permainan Bola Basket

5.Teknik Dasar Permainan Bola Basket

6.Pengertian Bola Basket

7.Materi Permainan Bola Basket

8.10 Pemain Basket Terbaik Di Dunia

9.6 Pemain Basket NBA Terbaik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar